Sabtu, 06 Agustus 2011

Pengertian Gaya Luar dan Gaya Dalam

Salam Sipil....!!!
Di dalam mata kuliah mekanika teknik, ada istilah tentang gaya luar dan gaya dalam. Disini saya akan coba membahas tentang kedua hal tersebut.
*) gaya luar : yaitu gaya yang ada di luar suatu konstruksi biasanya disebut gaya aksi-reaksi. Gaya aksi dapat diartikan gaya yang menghampiri konstruksi tersebut yang direspon oleh gaya reaksi.perhatikan gambar berikut ini:
* Beban P merupakan gaya aksi
* Dan kedua tumpuan menimbulkan gaya reaksi yang biasa disebut reaksi tumpuan a vertikal (Rav) dan reaksi tumpuan b vertikal (Rbv). Untuk dapat mengerjakan soal mekanika teknik dengan mudah, kita harus mahir dalam menentukan gaya reaksi tumpuan. Silahkan lihat postingan saya tentang TIPS MUDAH MENCARI HARGA REAKSI TUMPUAN.

*) Gaya dalam : Gaya yang bekerja di dalam suatu konstruksi. contoh : gaya momen(M), gaya lintang (D), gaya normal (N).coba perhatikan gambar berikut ini :


- panah biru = gaya momen(M)
- panah hijau = gaya lintang(D)
- panah merah = gaya normal(N)

Gaya dalam, acap kali ditanyakan pada soal-soal mekanika teknik. Biasanya kita diminta untuk menggambarkan bidang momen, lintang, dan normal. Untuk menggambarkannya kita harus mencari harga/besarnya gaya dalam tersebut. Otomatis langkah pertama yang kita lakukan adalah mencari harga/besaran reaksi tumpuan. it's so related all of them.
gimana, gampangkan????

*) Quis : Gaya reaksi horizontal suatu tumpuan, termasuk gaya dalam atau luar????
(jawaban dapat ditulis pada kolom kementar dibawah atau kirim ke e-mail saya running_down_dwings@yahoo.com. terima kasih..

1 komentar:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.